Batik Bondowoso Mulai Masuk Pasar 2 Benua

- Advertisement -

Batik Bondowoso ternyata sudah dikenal banyak orang dengan khas motif daun temb4kau dan singkong. Siapa sangka kabupaten Bondowoso tidak hanya dikenal makanan khas tape dan kopi.

Kualitas batik asli Bondowoso sangat mengagumkan dapat menarik simpati para pecinta batik. Batik-batik yang dijual telah bersaing dengan kota batik provinsi Jawa Tengah.

Produsen batik di Kabupaten Bondowoso bukan karya pabrikan namun hasil karya masyakarat sekitar. Masyarakat yang menyukai batik diajak untuk melukis bati yang telah disiapkan.

Hasil karya sudah terjual ke berbagai kota bahkan kabarnya sampai ke luar negeri.

Batik Bondowoso

Batik adalah kain bergambar secara khusus menggunakan malan yang dipanaskan lalu di ukir diatas kain yang telah ditentukan motif dan coraknya.

- Advertisement -

Batik merupakan corak khas Indonesia, walaupun asli Indonesia tak sedikit orang luar negeri menyukai batik terutama batik tulis hasil handmade masyarakat.

Awalnya batik hanya menggunakan tangan untuk mengukirnya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga stok pasar selalu kurang berdampak harga melambung tinggi.

Dengan berkembang zaman yang semakin canggih, mesin batik diciptakan untuk mempercepat produksi dan permintaan pasar yang semakin banyak.

Untuk membiasakan masyarakat menggunakan batik setiap hari, pemerintah Bondowoso diwajibkan kepada para pegawai pemerintahan untuk memakai batik asli Bondowoso di hari kamis dan jumat.

Motif Batik Bondowoso

Ada beberapa motif batik asli Bondowoso yang akan dipatenkan yang masih memenuhi ciri khas kota Bondowoso sendiri, diantaranya:

1. Batik Daun Singkong

Motif daun singkong dikarenakan Kab. Bondowoso dikenal dengan makanan khas Tape yang bahan dasarnya adalah singkong kuning. Pohon singkon ditanam dan dipilih di wilayah kabupaten Bondowoso.

2. Batik Temb4kau

Setiap musim kemarau penduduk setempat menanam Temb4kau, daun temb4kau yang sudah mengering sebagai bahan dasar r0kok. Oleh sebab itu pengambilan batik daun temb4kau sangat tepat sekali.

3. Batik Bluefire

Wisata kawah iejn dikenal dengan panorama Bluefire (api biru) yang menyembur melalui dinding kawah yang juga sebagai dinding dengan Danau Ijen.

Ciri Batik Bluefire adalah corak api berwarna biru yang dihiasi dengan daun dan bunga kecil yang indah.

4. Batik Topeng Konah

Batik Topeng konah yang baru-baru ini viral di media sosial karena coraknya yang bagus sehingga permintaan pembeli mulai ramai.

Topeng konah diambil dari bahasa madura yang artinya “topeng kuno” ciri khasnya berlukis topeng.

5. Batik Tamanan

- Advertisement -

Tamanan merupakan nama kecamatan sekaligus sanggar produksi batik terbesar di kabupaten Bondowoso. Perajin Batik berasal dari pemuda pemudi setempat yang masih menggangur.

Mereka diberi bimbingan untuk membuat batik menggunakan tangan secara teori kemudian setelah mereka memahami teori akan diberi kesempatan untuk praktek membatik di atas kain.

Masih banyak lagi motif batik yang ada di Bondowoso seperti motif batik abstrak, tambal kopi, kar kopi Ijen, dan cassava leave.

Sanggar Batik Bondowoso

Ada dua tempat yang cukup terkenal sebagai sanggar batik di Bondowoso yakni daerah Tamanan dan Sumbersari Maesan.

Harga Kain Batik

Kain batik tulis hasil karya masyarakat dijual mulai dengan harga Rp 1.200.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung jenis, corak, dan motif kain.

Pasar Batik

Ada 10 kota batik di Indonesia paling terkenal, diantaranya :

  1. Pekalongan
  2. Solo
  3. Semarang
  4. Jogjakarta
  5. Bondowoso
  6. Bali
  7. Cirebon
  8. Indramayu
  9. Madura
  10. Palembang

Keanekaragaman motif batik di Indonesia menjadi suatu kebangga tersendiri di masing-masing kota dan dapat meanrik minat wisatawan.

Dengan banyaknya suku dan rasa, batik tidak hanya hadir di 10 kota diatas, masih banyak kota-kota lain yang lebih bagus.

Karena batik merupakan hasil warisan seni budaya Indonesia maka dari itu harus dilestarikan dan ilmu membatik dibagikan kepada orang lain. Dan setiap tanggal 2 oktober, negara Indonesia memperingati hari batik nasional.

Demikian ulasan batik Bondowoso yang mulai diminati orang luar negeri, semoga artikel dapat mempromosikannya.

- Advertisement -

Leave A Reply