11 Bahasa Isyarat Bayi Yang Jarang Orang Tahu, Ibu Muda Wajib Baca Ini

Pernyataan bayi hanya bisa menangis itu keliru karena ada bahasa isyarat bayi yang perlu ibu muda tahu. Jauh sebelum mereka dapat berbicara, bayi menggunakan bahasa nonverbal (isyarat bayi) untuk mengomunikasikan kebutuhan, keinginan, dan perasaan mereka.

Nah, melalui gestur ini, diharapkan Anda sebagai orang tua bisa merespon dengan cepat dan tepat. Sehingga ikatan antara bayi dan orang tuanya akan semakin erat.

Bayi tidak rewel, mengalami mimpi buruk, tidak ceria, pendiam bahkan berat badannya turun karena kebutuhannya tidak tersampaikan dengan baik.

Apakah Anda akan segera menjadi orang tua atau tidak, penting untuk mempelajari bahasa isyarat bayi Anda yang disampaikan melalui gerakan ini.

Bahasa Isyarat Bayi Bukan Hanya Menangis

Bahasa bayi memang jarang orang tahu padahal jika kita perhatikan baik-baik memiliki isyarat kepada orang yang dia lihat.

- Advertisement -

Ibu muda yang baru saja melahirkan anak pertama pasti kebingungan apalagi jauh dari ibu-ibu yang berpengalaman mengasuh bayi.

Bahasa Isyarat Bayi

Jari Tangan Bayi Mengepal

Jika bayi Anda mengepalkan tinjunya, ia mungkin lapar atau merasa stres yang membuatnya tegang. Berikan ASI segera atau pegang dia untuk menenangkannya.

Bayi Memasukkan Jari Ke Mulut

Tanda lain bayi lapar selain mengepalkan tangan adalah saat ia memasukkan jari ke dalam mulutnya. Ini sangat menggugah selera.

Bayi Kucek Mata

Bayi yang mengucek matanya dan biasanya disertai dengan menguap lebar merupakan tanda bahwa ia mulai lelah dan mengantuk

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh The Asian Parents, gerakan bayi menggosok mata memiliki efek menenangkan detak jantung, dan memperlambat gerakan tubuh saat bersiap untuk tidur.

Bayi Memalingkan Wajah

Saat Anda mencoba menarik perhatiannya tetapi bayi memalingkan wajahnya dari Anda, bisa jadi ia bosan karena stimulasi yang berlebihan atau ada hal lain yang lebih menarik dari Anda

Dalam kondisi ini, bayi membutuhkan hal-hal baru untuk dilihat. Jadi jangan jaga kontak mata.

Bola Mata Bayi Melebar

Nah, tapi jika tatapannya terkunci dan bola matanya melebar, itu berarti dia tertarik dengan interaksi yang sedang berlangsung.

Tangan Bayi Tiba-Tiba Bergerak

Sentakan tangan bayi saat tidur merupakan gerakan refleks bayi yang menandakan bahwa ia terkejut dan merasa waspada. Biasanya karena suara keras yang tiba-tiba atau cahaya terang.

Bayi Menarik Telinga

Jika bayi mulai menarik-narik telinganya, itu berarti dia tidak nyaman, atau bingung dengan situasi tertentu yang membuatnya tidak nyaman

- Advertisement -

Misalnya, ketika bayi menarik-narik telinganya saat menyusu dengan botol, ia mungkin bingung karena susunya terlalu panas atau rasanya berbeda dari biasanya. Atau jika itu bukan tanda yang spesifik, mungkin dia mengalami infeksi telinga atau semacamnya. Periksa saja.

Tangan Bayi Ke Atas

Berbeda jika dia merentangkan telapak tangannya ke atas atau ke samping. Artinya dia dalam keadaan senang atau ingin digendong.

Bayi Memegang Tangannya Sendiri

Si kecil memegang kedua telapak tangannya sendiri dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa dia kedinginan

Bayi biasanya merasa kedinginan dan memegang bagian tubuh atau tangannya sendiri setelah mandi. Segera bungkus dengan handuk dan kenakan pakaian hangat.

Bayi Bungkuk

Membungkuk dan dikombinasikan dengan menangis, dia bisa merasa tidak nyaman karena refluks. Cobalah untuk bersendawa.

Kaki Bayi Bergerak / Menendang

Bayi yang menggerakkan kakinya seperti menendang sebenarnya mengekspresikan perasaan yang berlebihan, baik senang maupun marah

Nah, mulai sekarang, pahamilah gerak tubuh yang ditunjukkan bayi kepada Anda. Jika kebutuhan dan keinginan mereka dapat diidentifikasi dan dipenuhi, Anda juga akan merasa lega.

- Advertisement -

Leave A Reply