Aki Motor : Harga, Tips, dan Cara Mengisi Air Aki Bonus 1 Video Memperbaiki Aki Kering Basah

0 570

Accu nama lain dari aki ini fungsinya sebagai baterai, menyimpan energi. Fungsinya sebagai menyimpan arus listrik yang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu, menghidupkan mesin motor, dan membunyikan alarm/klakson.

Harga aki motor dipasaran cukup mahal maka dari itu belilah merk aki yang bagus jika untuk diri sendiri. Dan kamu harus rutin cek aki, isi ulang air aki apabila dirasa akan habis.

Aki tekor banyak penyebabnya salah satunya ada kabel yang tidak normal, arus strom aki akan terus mengalir walaupun motor keadaan mesin mati.

Saat ini ada dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah, keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi perawatan yang berbeda.

Banyak merk aki dipasaran yang menjamin kualitasnya dengan garansi dan uang kembali tetapi kenyataanya nihil. Sembarangan beli aki berakibat rusaknya sistem kelistrikan motor.

Motor yang jarang dipakai juga salah satu penyebab aki tekor, arus aki tetap berjalan seiring dengan kebutuhan, biasanya pemilik motor menambahkan alarm.

Aki Motor Kering dan Basah

Pastikan kamu membeli aki yang memiliki ketegangan, kapasitas, ukuran yang sesuai dengan motor kamu. Mengganti aki standard dengan speksifikasi lain boleh-boleh saja asalkan komponen mumpuni dan masih normal.

Aki motor soak atau tekor tidak perlu ganti, kamu isi dulu air aki yang sudah mengandung elektrolit kemudian charge ulang (cas). Ada dua jenis air aki, yang mengandung elektrolit dan tidak mengandung elektrolit.

Aki kering sebaiknya menggunakan yang mengandung elektrolit, dan aki basah tidak perlu.

Motor keluaran terbaru biasanya selalu menggunakan aki kering, penggunaan aki basah sudah tidak lagi.

Apa kelebihan aki kering?

Kelebihan Aki Kering

Lebih cepat

Aki kering lebih cepat penggunaannya, cukup satu kali isi air aki berelektrolit dan selanjutnya tidak perlu mengisi lagi dalam waktu yang lama.

Lebih mudah

Tak seperti aki basah yang harus rutin di cek air akinya dan sering tekor. Hal tersebut tidak perlu dilakukan di aki kering.

Lebih aman

Sering mengisi air aki sangat berbahaya apalagi berdekatan dengan anak-anak. Air aki sifatnya asam sulfat dapat membakar kulit, reaksi pada kulit sangat cepat, kulit akan panas dan gatal jika terkena mata akan buta.

Kekurangan Aki Kering

Mahal

Harga aki kering dipasaran lebih mahal dibanding aki basah dengan merk yang sama. Harga aki kering merk Yuasa type YTZ4V 12V 3Ah sekitar Rp 180.000 hingga Rp 230.000.

Rusak

Jika telah habis arus stromnya, aki kering harus ganti satu set tidak bisa di isi ulang seperti aki basah namun bisa di charge satu kali.

Kelebihan Aki Basah

Murah

Harga aki basah lebih murah dibanding aki kering, harga pasaran berbanding jauh sekitar Rp 130.000 hingga Rp 150.000.

Isi ulang

Apabila arus strom habis, bisa dicharge ulang dan air aki bisa di isi ulang kapan saja seperti baru lagi.

Perawatan

Aki basah bisa dibongkar pasang, membersihkan bagian dalam meleburkannya kembali.

Kekurangan Aki Basah

Bahaya

Air aki memiliki kandungan asam sulfat, jika terkena mata akan mengakibatkan kebutaan dan jika terkena kulit akan panas serta rasa gatal.

Ribet

Bagi kamu yang sibuk, jangan memilih aki basah karena merawatnya sedikit susah harus cek berkali-kali.

Merk Aki Yang Bagus

Ada 3 merk aki di pasaran paling diminati para pecinta motor, antara lain :

Yuasa

Merk ini sudah terkenal mancanegara, kualitasnya terjamin dan memberikan garansi. Aki yuasa siap melayani motor, mobil, truck, dan bus dengan berbagai macam type.

Jangan heran jika para traveller lebih memilih aki yuasa sebagai teman berpetualang karena memang menjamin kualitasnya.

GS

Aki GS astra saingan berat aki yuasa, kualitasnya juga terjamin. Pada umumnya motor baru bekerjasama dengan aki produk dari astra otoparts. Aki GS siap melayani kendaraan roda 2, roda 4, roda 6, dan lebih.

Motobatt

Aki Motobatt produk baru yang mampu bersaing dengan GS dan Yuasa serta memberikan jaminan kualitas. Harga aki Motobatt lebih murah dari Yuasa dan GS.

Kabarnya Motobatt menggunaka gel elektrolit sebagi pengganti air aki jadi tidak mudah tumpah dan tidak menimbulkan percikan ke mata seperti pada umumnya.

Tips Membeli Aki

Kode

Setiap aki memiliki kode khusus untuk jenis motor, aki dengan kode YTZ4V digunakan untuk motor mio soul, beat, supra x, kharisma, kirana, vixion byson, spin, ninja krr.

Jika salah beli, maka bentuk aki yang tidak dapat menempati ruang yang ada.

Tahun pembuatan

Pilih tahun pembuatan muda, sekarang tahun 2020 maka belilah dengan tahun pembuatan 2019 atau 2020 apabila memilih tahun tua tahun 2018 2027 maka arus listrik akan berkurang.

Merk

Beli merk berkualitas seperti Yuasa dan GS, jika tak memiliki uang lebih lebih baik memilih Motobatt harag murah kualitas terjamin bisa digunakan lebih dari 2 tahun.

Arus

Perhatikan arus listri kebutuhan motor, bila motor normal maka perhatikan arus pengisian atau penyetroman. Motor baru disediakan charger aki, jadi aki dapat mengisi kembali jika mesin motor nyala.

Perhatikan kode penyetroman :

Normal : 0.3A x 5 ~ 10 jam (Ini berarti dalam keada normal dengan arus 0.3 A akan terisi penuh selama 10 jam)

Cepat : 3A x 30 menit (Dengan arus pengisian 3A maka hanya 30 menit akan terisi penuh).

Isi Air Aki Kering

Untuk aki kering, baru pertama beli kita akan diberikan 3 set dalam 1 bungkus yaitu :

  • Aki
  • Air Aki (acid)
  • Baut

Lalu bagaimana cara isi air aki?

Cara mengisi air isi ulang sangat mudah, hanya butuh waktu 3 menit saja sudah selesai siap pakai.

  • Buka kemasan lalu keluarkan semua baut, aki, dan air aki
  • Buka tutup aki (segel aki)
  • Coblos buka tutup air aki dan coblos
  • Lalu hadapkan sesama lubang air aki dan aki (aki diatas, air aki dibawah) tekan hingga pas
  • Lalu balik, aki dibawah dan air aki diatas
  • Tunggu hingga air aki pindah ke wadah aki sebenarnya
  • Tutup aki hinga rapat tidk ada udara yang masuk

Setelah ditutup rapat, pasang aki ke motor dengan benar dan baut. Lalu hidupkan motor menggunakan stater kaki terlebih dahulu, biarkan mesin menyala selama 10 menit agar arus listrik bertambah ke aki dan menyimpannya.

Pada kemasan dijelaskan bahwa air aki sangat berbahaya jika terkena mata akan mengakibatkan kebutaan dan gatal pada kulit. Gunakan kacamata dan sarung tangan agar tidak langsung kena.

Air aki yang baru saja dipindah akan berbunyi seperti air panas yang mendidih dan wadah aki akan terasa hangat. Segera tutup aki dengan kuat dan rapat, pastikan tidak ada lubang.

Jika tidak rapat maka jika terjadi goncangan pada motor, air akan akan keluar merusak jok motor dan sekitarnya.

Pada saat pengisian, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan.

Tips Aki Awet dan Tahan Lama

  • Cabut aki jika motor tidak digunakan berhari-hari
  • Pastikan charger motor normal
  • Cek kabel yang bocor
  • Jangan pasang alarm
  • Pasang lampu normal sesuai kebutuhan
  • Perhatikan arus

Dengan memperhatikan tips diatas, aki akan tahan lama dan awet digunakan lebih dari 3 tahun. Motor yang jarang digunakan lebih cepat aki soak.

Tips Memilih Aki Bekas

Banyak pecinta motor memilih aki bekas dibandingkan aki baru salah satunya karena harga lebih murah. Tapi perlu di ingat, banyak penjual yang hanya mengganti kemasan luar saja tanpa mengganti besi konduktor dalam aki.

Yang perlu diperhatikan itu besi yang ada dalam aki, aki basah lebih mudah dilihat karena kemasan bisa diterawang dengan jelas, tetapi aki kering susah.

Harga jual aki bekas pada umumnya dijual paling mahal 70% dari aki baru. Kamu juga bisa tukar tambah aki dengan yang baru, biasanya aki bekas yang kamu tukar memilii nilai rendah dihargai Rp 20.000 – Rp 40.000.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More