Ultimate magazine theme for WordPress.

10 Penyebab Mobil Bunyi Kasar Saat Digas

0 10,053

Penyebab Mobil Bunyi Kasar Saat Digas – Apakah mobil Anda mengeluarkan bunyi tek tek tek saat digas? jangan dibiarkan begitu saja, segera konsultasikan ke bengkel mobil terdekat.

Ini karena mesin mengeluarkan bunyi klik yang mirip dengan ketukan logam, yang merupakan tanda adanya masalah serius pada komponen internal mesin. Simak penyebab bunyi klik mobil dan bunyi klik saat digas yang perlu Anda ketahui.

Sebagai pemilik, Anda harus tahu apa penyebab mobil mengeluarkan bunyi klik saat digas, serta langkah penanganannya. Berikut sepuluh penyebab bising mesin mobil yang harus diwaspadai.

Penyebab Mobil Bunyi Kasar Saat Digas

Pasalnya, ada bunyi klik pada mesin mobil saat digas. Saat mendengar suara mesin kletek, pasti ada masalah yang perlu Anda waspadai.

Suara Kletek memang sangat tidak biasa. Apakah perlu dilakukan tune up? Sebelum itu, kenali penyebab mesin mobil berbunyi klik saat digas di sini.

1. Bantalan poros engkol aus

Poros engkol atau crankshaft adalah mekanisme yang bertanggung jawab untuk mengubah gerakan berfluktuasi piston menjadi gerakan berputar.

Ada dua bantalan pada poros engkol, yaitu bantalan poros engkol pada blok silinder (bantalan utama) dan bantalan batang piston pada poros engkol (bantalan concord). Jika salah satu bantalan aus, maka poros engkol akan oblak.

Penyebab Mobil Bunyi Kasar Saat Digas
Foto: Pixabay

Akibatnya, mesin mobil mengeluarkan bunyi klik saat digas. Bunyi ini akan semakin jelas terdengar saat rpm atau putaran mesin tinggi. Namun saat idle atau putaran mesin rendah, Anda tidak akan mendengar suara keras yang signifikan.

2. Rantai Mobil kendor

Mesin mobil yang bunyi klik, klik, atau kadang terdengar seperti ‘knock-knock’, mungkin karena rantainya kendor. Rantai yang dimaksud adalah rantai kamprat atau sering juga disebut rantai keteng.

Karena ada bagian yang kendor, mesin akan mengeluarkan bunyi yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan perbaikan. Namun, selain longgar, rantai keteng yang terlalu kencang juga bisa menimbulkan suara ‘seks’ atau senandung.

3. Ketukan mesin

Engine knocking atau lebih sering disebut dengan gelitik merupakan kondisi yang dapat menyebabkan mobil mengeluarkan bunyi kletek kletek saat digas.

Masalah ini muncul karena ruang bakar tidak mendapat asupan bahan bakar yang baik. Tanda bahan bakar yang tidak mencukupi di dalam mesin adalah kandungan oktan yang rendah sehingga tidak terjadi pembakaran.

Untuk mengetahui penyebab terjadinya bunyi yang disebabkan oleh engine knocking, rekan-rekan bisa mengeceknya dengan tiga cara. Pertama, bunyi klik muncul saat mobil berada di rpm rendah. Kedua, sumber suara berasal dari blok silinder. Ketiga, bunyi klik dan klik tidak terlalu keras saat mesin digas sehingga suaranya selalu terdengar.

4. Katup otomatis lemah

Fungsi auto valve pada mobil-mobil keluaran terbaru adalah untuk memudahkan pemiliknya sehingga tidak perlu melakukan penyetelan valve secara berkala. Meski begitu, bukan berarti komponen ini akan bekerja maksimal dan sebagainya.

Anda harus selalu melakukan pengecekan, terutama jika kendaraan sudah lama digunakan. Pegas di katup otomatis aus dan melemah seiring waktu. Jika pegas melemah, maka kerapatan antara celah antara katup dan lengan ayun akan meregang, menghasilkan bunyi klik.

5. Katrol peredam bergoyang

Katrol peredam dan katrol poros engkol merupakan komponen pada mesin mobil yang saling berhubungan. Rangkaian mesin kendaraan sebenarnya dilakukan sedemikian rupa agar mesin bekerja dengan sebaik mungkin.

Namun, bukan berarti seri ini akan lepas dari masalah. Misalnya peredam katrol dalam rangkaian yang menggelinding atau bergoyang. Alhasil, bisa membuat mesin mobil berbunyi klik dan berbunyi klik saat digas.

6. Flensa flywheel lemah

Anda pemilik mobil matic? Jika benar demikian, maka penyebab munculnya suara tidak sedap dari mobil Anda bisa jadi karena komponen flywheel flange yang rusak.

Bagian ini terletak di dalam mobil dan merupakan bagian tempat dipasangnya torque converter. Kerusakan flywheel flange ditandai dengan bergeser atau terbelahnya pelat yang dimiliki. Akibatnya, pecahan pelat akan menyentuh badan mesin dan juga mengeluarkan suara.

7. Jarak Klep Renggang

Mobil juga bisa mengeluarkan bunyi klik saat digas karena celah klep melebar. Bagi yang belum tahu, valve clearance adalah jarak antara valve stem dan rocker arm.

Celah tersebut berfungsi untuk memberikan batas toleransi mengenai batang klep saat memuai. Namun seiring berjalannya waktu, celah ini akan semakin longgar karena digunakan untuk memberikan jarak pemuaian batang katup.

Jadi, jika mobil Anda sudah cukup tua, pelebaran celah klep tidak bisa dihindari. Untuk mengatasinya, tidak ada cara lain selain melakukan servis dan penggantian komponen dengan yang baru. Jika sobat transwork membiarkannya, maka gap akan melebar, rocker arm shaft dan camshaft aus, sehingga bunyi klik semakin keras saat rpm naik.

8. Ada benda keras di dalam silinder

Mengingat suara kletek kletek pada mobil ini mirip dengan suara ketukan logam, bisa jadi sumber bunyinya adalah benda keras yang tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

Misalnya, saat Anda berkendara di jalan yang baru diaspal, kerikil dari aspal akan mengenai bagian bawah bodi mobil dan mengeluarkan suara. Hal yang sama bisa terjadi pada bagian dalam mesin mobil, namun disebabkan oleh hal lain.

Biasanya, area silinder adalah area di mana benda keras kecil dapat masuk dan mengeluarkan suara. Namun berbeda dengan kerikil yang berasal dari luar, benda keras yang menabrak silinder berasal dari dalam mobil, sejenis pecahan keramik dari kepala busi yang pecah juga jatuh ke dalam ruang silinder.

9. Shim/pengangkat digunakan

Bukan hanya bantalan poros engkol saja yang bisa aus, shim/lifter juga bisa mengalami hal yang sama. Umumnya keausan ini disebabkan oleh shim yang bersentuhan langsung dengan ujung klep.

Namun kemungkinan penyebabnya adalah shim/lifter tidak dikembalikan ke posisi semula setelah dibongkar. Solusinya gan, bisa bongkar pasang lagi dan tempatkan pengangkat pada posisi yang tepat. Namun, jika penyebabnya adalah keausan, pekerja trans harus mengganti suku cadang baru.

10. Oli belum naik

Hal terakhir yang bisa menyebabkan mobil mengeluarkan bunyi klik saat digas adalah oli mobil belum naik. Misalnya, jika Anda mendengar bunyi klik ini saat menghidupkan mesin di pagi hari, atau saat pertama kali menyalakan kendaraan setelah dimatikan seharian, maka bisa dipastikan penyebabnya karena oli belum naik.

Pada mesin mobil, oli mesin ditampung dalam sebuah bak yang terletak di bagian paling bawah. Terdapat pompa yang akan mendistribusikan oli ke seluruh bagian mesin.

Leave A Reply