Tempat Wisata Bondowoso Yang Paling Disukai Wisatawan Luar Negeri Tahun 2020

- Advertisement -

Wisata Bondowoso – Di cerita rakyat Bandung Bondowoso, kabupaten yang mendapat julukan republik kopi tak banyak yang tahu lokasinya padahal tempat wisata menjadi primadona wisatawan lokal dan luar negeri ini karena destinasinya yang menggugah para pelancong untuk menjajahinya.

Banyak lokasi menarik yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan jika telah memasuki wilayah paling ujung timur provinsi Jawa timur.

Yang membuat kota ini tak dikenal karena tidak ada jalur provinsi yang dilewati oleh kendaraan besar, ya memang lokasinya diapit oleh 3 kabupaten besar yaitu Jember, Banyuwangi, dan Situbondo.

Makanan khas Bondowoso adalah tape yang sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda.

Wisata Bondowoso
Wisata-wisata di kabupaten Bondowoso

Ciri tape Bondowoso yakni berwarna kuning dengan rasa yang manis asli tanpa pemanis buatan. Makanan ini juga disukai wisatawan sebagai oleh-oleh ketika hendak kembali ke kotanya.

Perlu kamu ketahui, jalur wisata di Bondowoso sudah diaspal dengan bagus, para pelancong tak lagi kesusahan memasuki area menuju wisata apabila mengendarai roda empat.

Everyone’s parents criticize from time to time.
Handphone para travelling

Jalur menuju tempat wisata masih berkelok-kelok itu dikarenakan wilayah Kabupaten Bondowoso sebagian besar adalah pegunungan dengan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Jadi harap berhati-hati.

- Advertisement -

Destinasi Wisata Bondowoso

Ada sepuluh tempat wisata bagus untuk dikunjungi pada musim liburan, kamu juga dapat membawa keluarga dan anak-anak ke tempat lokasi. Ini dia destinasi wisata paling menarik versi journal university yaitu :

Kawah Ijen

Tempat wisata yang satu ini sudah dikenal oleh turis asing di berbagai negara. Mereka datang jauh-jauh dari negaranya hanya ingin melihat Blue Fire (api biru) salah satu keajaiban dunia yang hanya ada di Indonesia dan Islandia.

Jangan meninggalkan sampah

Bluefire ini keluar dari dinding pegunungan yang berada di pucuk Gunung Ijen. Si api biru keluar dari dinding setiap harinya, ada waktu tertentu akan menyembur apinya yang lebih besar pada hari biasanya.

Pada musim kemarau, kamu akan menyaksikan secara langsung kobaran api seperti kebakaran dan itu terjadi pada tengah malam mulai jam 01.00 wib dini hari hingga jam 04.00 wib.

Disebelahnya kamu akan melihat danau luas dan berair yang jarang ada di tempat lain.

Danau kawah ijen memiliki luas dengan diameter 722 meter, kamu tak akan bisa melihat danau aneh ini di tempat lain dengan jarak dekat. Air danau keluar dari dinding pegunungan yang bermuara ke wilayah wisata kalipahit.

Kedalaman danau ijen sekitar 200 meter, danau ini diklaim sebagai dau terluas diduania yang berada di atas gunung. Ketinggian gunung Ijen sekitar 2300 meter diatas permukaan laut dengan luas wilayah 5000 hektar.

Masih ditempat yang sama, kamu juga dapat melihat penambangan belerang di tempat keluarnya si api biru tadi. Penambangan ini dilakukan 24 jam tanpa henti oleh penduduk sekitar yang di ambil secara estafet sampai di kaki gunung.

Tiket Masuk

Karena tempat wisatanya natural bukan wisata buatan maka kamu cukup membayar tiket masuk :

Wisatawan Lokal
  • Hari biasa Rp 5000
  • hari libur Rp 7500
Wisatawan Mancanegara (turis)
  • Hari biasa Rp 100.000
  • Hari libur Rp 150.000

Masih da biaya lain yang harus kamu jika kamu tidak membawa alat pendakian seperti respirator (penutup hidung) yang dipatok dengan harga sewa Rp 15.000.

- Advertisement -

Jika kamu tak kuat lagi mendaki atau turun kembali ke parkiran kamu bisa menggunakan jasa kereta dorong dengan sewa sesuai jarak minimal Rp 100.000.

Kamu juga bisa berkemah di paltuding yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Untuk berkunjung ke kawah ijen, jangan mengajak anak kecil dan orang yang memiliki riwayat penyakit dalam seperti pernafasan. Bau belerang mengandung zat fosfor sangat menyengat dan beracun.

Kawah Wurung

Setelah menuju wisata kawah Ijen, kamu bisa langsung menuju ke kawah wurung. Di lokasi ini kamu bisa bersantai menghilangkan lelah dengan melihat keindahan rumput ilalang berbunga tertiup angin sepoi-sepoi.

Focus on process-oriented ideas

Luas kawah wurung 100 hektar penuh dengan rumput, cocok sekali digunakan untuk ternak sapi dan kambing.

Kawah yang luas sering digunakan untuk para fotografer untuk background pre wedding dan acara tertentu.

Kamu boleh membawa siapa saja ke wisata yang mendapat julukan bukit Teletubbies, lokasi ini sangat segar.

Tiket Masuk

Tiket masuk kawah wurung hanya Rp 5000 dihari biasa dan Rp 7500 di hari libur. Disini kamu dapat berkemah bersama team sambil melihat keindahan bintang malam.

Puncak Megasari

Kawasan ini masih dibilang baru dan dikhususkan untuk para pecinta olahraga paralayang. walaupun kamu tidak menyukainya, kamu juga boleh masuk.

Walaupun tak ada yang istimewa di Megasari, kamu akan dikejutkan panorama pemandangan luas kota Bondowoso dan Situbondo.

Air Terjun Niagara Mini

- Advertisement -

Tak perlu jauh-jauh datang ke Amerika jika hanya untuk melihat air terjun niagara. Di Bondowoso kamu juga bisa mengunjunginya walaupun hanya mini dan ini asli dari alam mirip dengan di Negara paman Sam.

Batu Soon

Wisata ini sudah lama ada, tapi ketenarannya baru saja karena rute menuju wisata batu soon sudah di aspal dan dapat dilalui roda empat. Di wisata Batu Soon kamu akan disuguhi pemandangan batu memanjang ke atas.

Batu raksasa ini salah satu warisan dunia yang tetap kokoh berdiri. Di luar negeri batur soon disebut Stonehenge. Kamu bisa meluangkan waktu berlibur untuk mengunjungi Batu soon yang berada di desa Solor Kecamatan Cermee.

Air Terjun Suco

Wisata satu ini masih jarang dikunjungi pelancong, memang namanya masih asing sekali. Jangan heran jika berkunjung ke destinasi air tejun melihat tumbuhan liar itu karena jarang tersentuh manusia.

Jalan menuju kawasan wisata sudah bagus dan mulus tapi tetap berhati-hati jalan berkelok serta licin. Loaksinya berada di Kecamatan Maesan desa Suco, berada di Bondowoso bagian selatan.

Bukit Mahadewa

Kata orang sekitar, banyak sejarah yang terjadi kawasan wisata ini. Dulunya sebagai tempat peristirahatan para prajurit kerajaan Majapahit dari serangan prajurit Belanda.

Tiket masuknya cukup murah hanya Rp 2000 untuk parkir saja kamu sudah dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan alami.

Rawa Indah

Rawa Indah atau biasa disebut Al Mour ini berada di desa alas sumur kecamatan Pujer. Al Mour sendiri kepanjangan dari alas sumur agar mudah di ingat.

Disini kamu dapat menikmati perahu bebek dan wahana flying fox ala pedesaan karena memang menggarap di bidang desa wisata yang bertujuan menambah pendapatan masyarakat sekitar. Dan dihari tertentu akan ada pameran buah durian yang dijual harga murah di mulai Rp 10.000.

Tancak Kembar

Wisata tanvak kembar sudah dikenal banyak orang tapi jarang sekali para wisatawan megunjunginya itu karena rute menuju kawasan wisata masih menyulitkan dan berbahaya. Tapi jika kamu memiliki adrenalin tinggi, kamu tak perlu takut.

Disebut tancak kembar itu karena air terjunnya ada dua yang berdekatan. Kabar dari cerita rakyat, sejarah tancak kembar dulunya tempat pemandian Dewi Rengganis. Nah, banyak mitos lainnya yang dapat kamu tanyakan jika berkomonikasi dengan masyarakat sekitar.

Tiket masuk Tancak kembar masih gratis, sesuai aturan yang berlaku tentang penarikan tiket tempat wisata.

Tasnan

Loaksi wisata buatan sudah lama ada,d an masih eksis menarik para wisatwan untuk datang. Lokasi ini peruntukan pemandian dan kolam renang dengan air mengalir langsung dari mata air pegunungan.

Sekitarnya terdapat pohon hutan yang membuat suasana semakin sejuk, kamu bisa mengajak anak kecil untuk berlibur tapi tetap dalam pengawasan agar tidak masuk wilayah pemandian.

Kharisma

Lokasi ini sama dengan pemandian tasnan, dikhususkan untuk rekreasi keluarga. Kamu juga dapa belajar beranang dan bercanda di pemandian. Jika membawa anak-anak diharapkan tetap dalam pengawasan.

Makam Ki Ronggo

Di Bondowoso tak hanya wisata alam saja, kamu juga berkunjung ke wisata religius atau wisata agama. Makam Kironggo merupakan tempat wisata religius yang sering dikunjungi, kamu dapat mengenal kironggo dan sejarah Bondowoso pada masa lampau.

Kironggo adalah salah satu pahlawan yang membabat wilayah hutan Bondowoso bersama para prajuritnya dari kerajan Besuki.

Batu Petilasan KH. Atmari

Wisata Batu petilasan ini jarang dikunjungi wisatawan, maka dari itu kamu harus mengunjungi sebelum orang lain agar dapat menceritakan sejarah batu tersebut. Nama lain batu ini adalah betoh Lampettah pathek.

Dari sejarahnya, batu ini dulunya tempat duduk KH. Atmari tokoh pahlawan Bondowoso. KH. Atmari sering bertapa diatas batu sampai berhari-hari.

Alun-alun Bondowoso

Ini merupakan tempat wisata paling ramai dikunjungi para pemuda. Nama alun-alun Bondowoso adalah alun-alun Raden Bagus Asra, salah satu tokoh pahlawan Bondowoso sekaligus Bupati pertama Bondowoso.

- Advertisement -

Wisata Kuliner Kironggo

Nama wisata ini diambil karena loaksinya menuju makan Kironggo. Kamu bisa menikmati kuliner masyarakat sekitar sekitar dipinggir sunggai. Di musim hujan kamu bisa sambil mendengarkan arus air sungai yang mengalir.

Bendungan

Kamu yang suka dengan air mengalir, coba rekreasi ke bendungan sampean baru. Wisata ini sangat indah di selingi gemuruh air terjun buatan.

Tiket masuk bendungan sampyan baru hanya Rp 5000, jadi cukup terjangkau sekali.

Dibulan-bulan tertentu bendungan dikuras, kamu dapat mengambil ikan secara gratis. Apabila ingin bergabung, sering-sering mencari info asatan bendungan.

Ways to beat stress at work

Batu Megalitikum

Yang suka dengan sejarah, kamu bisa menulusuri daerah Kecamatan Grujugan desa pekauman. Didesa tersebut banyak sekali Batu Megalitikum asli warisan nenek moyang.

Kamu juga bisa masuk ke Kantor Pusat Informasi Megalitikum Bondowoso, banyak batu-batu kuno yang diamankan agar tidak dicuri oleh pihak bertanggung jawab.

Nah, wisata ini cocok banget untuk area anak-anak untuk dikenalkan sejarah batu kuno.

Itulah lima belas wisata kabupaten Bondowoso yang paling gemari wisatawan di tahun 2020. Untuk berkunjung ke lokasi wisata kmau juga bisa menggunakan angkutan umum melalui terminal Bondowoso.

Ada banyak wisata kecil yang dapat kamu telusuri seperti Scorpio, Bosamba Rafting, Rengganis, dan lain-lain.

Demikian penjelasan wisata Bondowoso, ayo kunjungi wisata kota tape dan ceritakan kepada dunia bahwa kota Bondowoso Highland Paradise.

- Advertisement -

Leave A Reply